28 January 2013

Danau Sebedang

Adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terletak didesa Sebedang ± 12 km dari jantung ibukota Kab Sambas. Danaunya yang lebar 1 km2 dan dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian ± 400 m diatas permukaan laut, mempunyai pemandangan alam yang menarik, merupakan salah satu tempat bersejarah bagi para sultan Sambas beristirahat.

Pada sore hari, area eksotis Danau Sebedang makin tampak dan kian terasa. Bagi pengunjung yang datang ke danau pada malam hari tidak perlu khawatir akan kesepian, karena pada malam hari semakin banyak pengunjung yang berdatangan.

Danau Sebedang merupakan salah satu wisata alam andalan yang berlokasi di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat




Danau Sebedang merupakan salah satu wisata alam andalan yang berlokasi di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Kawasan ini adalah pintu gerbang ke distrik Sambas yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan pada hari minggu dan hari libur lainnya.
Kebanyakan pengunjung yang datang tak hanya berniat untuk menikmati keindahan alam saja, akan tetapi ada pula yang menyalurkan hobi, seperti memancing, karen adanau ini merupakan rumah bagi banyak ikan.

Konon, Danau yang juga merupakan sumber air bersih untuk beberapa warga di Kabupaten Sambas ini juga menyimpan berbagai kekayaan ekosistem dan juga merupakan salah satu tempat istirahat favorit bagi Sultan Sambas dan keluarganya.


Keistimewaan

Luas danau mencapai sekitar satu kilometer persegi, dikelilingi oleh perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut dan pemandangan alam hutan tropis yang ribun dan hijau, membuat tempat ini salah satu pilihan yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau kolega.

Pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alamnya sambil berjalan disekitar danau atau sambil duduk seraya minum di kantin yang menghadap ke danau.

Selain itu, keelokkan danau juga dapat dirasakan oleh pengunjung dengan bersantai di pemondokan yang tersedia atau sambil duduk lesehan di atas tikar yang disewakan. Bila bosan, pengunjung dapat menyewa perahu yang terdapat disekitar kawasan danau.

Pada sore hari, area eksotis Danau Sebedang makin tampak dan kian terasa. Bagi pengunjung yang datang ke danau pada malam hari tidak perlu khawatir akan kesepian, karena pada malam hari semakin banyak pengunjung yang berdatangan. Suasana bertambah semarak dan hidup dengan iringan alunan musik yang berasal dari kafe-kafe disekitar danau.


Pada sore hari, area eksotis Danau Sebedang makin tampak dan kian terasa. Bagi pengunjung yang datang ke danau pada malam hari tidak perlu khawatir akan kesepian, karena pada malam hari semakin banyak pengunjung yang berdatangan.

Lokasi dan Akses

Danau ini terletak di Desa Sebedang, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sambas berjarak sekitar 202 km dari kota Pontianak, Ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat.

Dari kota Pontianak menuju Sambas, wisatawan dapat menggunakan transportasi taksi, bus, atau kendaraan pribadi. Sedangkan dari pusat kota Sambas, wisata Danau Sebedang berjarak kurang lebih 18 km. Kondisi jalanan menuju Danau Sebedang telah beraspal dan halus, sehingga dapat dengan mudah dilalui oleh kendaraan roda empat.

Akomodasi dan Fasilitas

Pengunjung tak perlu khawatir akan kelaparan jika berada di Danau Sebedang, karena di wilayah ini terdapat warung makan, kafe dan kantin yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman. Bagi pengunjung yang hendak menginap, di sekitar tempat wisata ini juga banyak terdapat penginapan. Serta bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana danau pada malam hari, tersedia penyewaan tenda dan tikar, sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa perlengkapan berkemah dari rumah.

Selain itu di kawasan wisata juga terdapat pusat informasi turis, pusat oleh-oleh souvenir, area parkir yang luas dan aman, tempat penyewaan perahu untuk berkeliling danau, penginapan, kios yang menyediakan peralatan untuk memancing, dan toilet umum.

http://www.sambas.go.id/ragam-informasi/budaya-a-pariwisata/wisata-alam.html?limit=10
http://indonesiabox.org/danau-sebedang/



Related Posts

Comments
0 Comments

No comments:

Passan Pala' Kesah

Awalnya blog ini dibuat hanya iseng untuk mendokumentasikan dan mengumpulkkan khazanah tanah kelahiran yang hampir terlupakan generasi muda. Berawal dari postingan permainan rakyat dan kamus mini bahasa Melayu Sambas, admin terus memperbaiki SEO dan postingan dan berupaya memenuhi apa yang diinginkan pembaca blog ini. Setelah di analisa, ternyata kebanyakan pengunjung blog ini mencari tentang sejarah kelam Sambas 1999.

Inginya blog ini difokuskan untuk sejarah, budaya dan segala sesuatu yang terkait dengan tanah kelahiran, namun pada perjalanannya admin banyak menemukan artikel menarik dan sengaja direpost disini untuk arsip pribadi. Sungguh sangat tidak disangka ternyata banyak juga pembaca punya ketertarikan yang sama dengan fenomena akhir zaman yang semakin nyata. Untuk saat ini admin akan fokus pada artikel tentang Dajjal dan Imam Mahdi yang dipastikan sebentar lagi akan tiba. Apabila pembaca menemukan artikel yang menarik haraplah berikan hujatan, celaan atau komentarnya...^_^

Jika ada yang tertarik untuk menjadi penulis di blog ini, atau tukar link sesama blogger, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi admin

Hariyono Al Kifri