31 March 2014

Bubur Pedas - Rajanya Segala Bubur

BUBUR PEDAS atau BUBBOR PADDAS dalam bahasa Sambasnya merupakan salah satu kuliner paporit di tanah melayu. Tak ada satupun orang sambas yang tak mengenal kuliner ini. Cara membuat dan menyantap juga unik. Mulai dari mengumpulkan bahan-bahan, mengolah bahan, memasak dan menyantapnya dilakukan berama-ramai. Dijamin tidak bakalan enak jika dimakan sendirian atau beberapa orang saja. Selaras dengan bahan-bahan membuatnya yang terdiri dari banyak campuran berbagai macam jenis sayuran.

Nyare' Midding
Bahan utama membuat bubur pedas adalah midding atau pakis yang banyak tumbuh liar di semak dan tanah gambut. Mengumpulkan pakis ini lumayan susah juga lho, harus berani menerobos semak-semak. Makanya lebih asyik kalau dikeroyok ramai-ramai. 

Dalam tradisi, biasanya semua bahan sebisa mungkin di cari dari alam. Karena pada dasarnya kuliner yang satu ini sangat murah meriah. Semua jenis sayur-sayuran bisa di jadikan bahan untuk membuat bubur pedas seperti : kacang panjang, kangkung, kecambah, rebung (rabbong), ubi kayu (bandong), ubi jalar (temille'), daun lengkuas, daun kencur (cakkor), dan banyak lagi deh, yang penting jangan lupa daun kesum-nya. Daun kesum inilah yang membuat bubur pedas menjadi unik dengan aroma yang menyengat dan khas.

Ngaro' / Menyangrai Bumbu
Bumbu utamanya adalah beras yang disangrai dan ditumbuk halus dicampur dengan kelapa parut yang ikut disangrai dan digiling halus, ditambah serbuk lada ketumbar dan macam-macam bumbu yang lain. Tak salah biak sambas menyebut bubur pedas dengan sebutan rajanya bubur karena hampir semua bahan ikut dimasukkan…

Semua bahan yang dikumpulkan tadi seperti pakis dan lain-lain harus dibersihkan dan disiangi lalu dipotong-potong dan dicingcang sehalus mungkin. Yang agak rumit disini adalah menyiangi (nyange') pakis. Tangkai pakis yang keras harus benar-benar pisahkan. Hanya daun dan pucuknya saja yang diambil. 

Selanjutnya siapkan bumbu-bumbu pelengkap seperti bawang merah, bawang putih, ikan teri, kacang goreng dan lain-lain. 


Berikut proses pembuatannya : 

  1. Sangrai beras, kelapa parut, daun salam, serai, dan lengkuas hingga kelapa berubah menjadi cokelat tapi tidak gosong. Ambil rempah daunnya, angkat. Tumbuk halus beras dan kelapa parut. Sisihkan.
  2. Didihkan air, rebus tetelan hingga matang. Masukkan bumbu halus, aduk rata. Masak hingga harum.
  3. Masukkan ubi jalar, kacang panjang dan sayuran lainnya hingga setengah matang. Tambahkan beras tumbuk, masak sambil aduk-aduk agar bubur tidak hangus di bagian bawah. 
  4. Masukkan kangkung dan daun kesum, masak hingga matang, angkat. Aduk rata.
  5. Taburi bahan taburan, sajikan.
Dokumentasi asyiknya makan bubor paddas ramai-ramai








Related Posts

Comments
0 Comments

No comments:

Passan Pala' Kesah

Awalnya blog ini dibuat hanya iseng untuk mendokumentasikan dan mengumpulkkan khazanah tanah kelahiran yang hampir terlupakan generasi muda. Berawal dari postingan permainan rakyat dan kamus mini bahasa Melayu Sambas, admin terus memperbaiki SEO dan postingan dan berupaya memenuhi apa yang diinginkan pembaca blog ini. Setelah di analisa, ternyata kebanyakan pengunjung blog ini mencari tentang sejarah kelam Sambas 1999.

Inginya blog ini difokuskan untuk sejarah, budaya dan segala sesuatu yang terkait dengan tanah kelahiran, namun pada perjalanannya admin banyak menemukan artikel menarik dan sengaja direpost disini untuk arsip pribadi. Sungguh sangat tidak disangka ternyata banyak juga pembaca punya ketertarikan yang sama dengan fenomena akhir zaman yang semakin nyata. Untuk saat ini admin akan fokus pada artikel tentang Dajjal dan Imam Mahdi yang dipastikan sebentar lagi akan tiba. Apabila pembaca menemukan artikel yang menarik haraplah berikan hujatan, celaan atau komentarnya...^_^

Jika ada yang tertarik untuk menjadi penulis di blog ini, atau tukar link sesama blogger, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi admin

Hariyono Al Kifri