26 March 2013

Cara Mengatasi Penyakit Pada Lele

Penyakit pada lele dpt diakibatkan dari bermacam faktor, baik karena faktor alam maupun dari kesalahan tata cara pembudidayaan.

Cara mengatasi/ penggulangan penyakit pada lele dapat dilakukan dgn berbagai cara, tapi sebaiknya menggunakan dgn bahan-bahan yg sudah tersedia di alam atau disekitar lingkungan kita, selain lebih murah & mudah didapat, serta relatif lebih aman, baik utk lele maupun utk lingkungan sekitar.

Contoh penanggulangan penyakit lele dgn bahan alami :

1. Radang usus. 
  • Penyakit lele ini biasanya menunjukkan gejala lele akan terlihat berdiri tegak & bagian kumisnya menyembul di permukaan air. Cara mengatasi/ penanggulangannya dpt dgn cara menggunakan buah mengkudu yg sudah masak, caranya buah mengkudu yg sudah masak lalu masukkan pada kolam lele yg sakit, utk ukurannya disesuaikan saja dgn besaran kolam, misalnya utk kolam ukuran 2×4 cukup dgn 1 atau 2 buah mengkudu.
2. Radang Insang.
  • Ciri-cirinya adalah insang lele yg memerah. Cara mengatasi/ penanggulangan dpt dgn cara menggunakkan daun sirih & daun pepaya. Caranya, ambil 10 lembar daun sirih & 10 lembar daun pepaya segar, lalu rebus dgn 1 liter air (1gayung) biarkan mendidih sampai  air sat/susut menjadi tinggal 1 gelas. Setelah itu larutkan hasil rebusan air yg 1 gelas tadi dgn 10 gelas air bersih, hasil campuran inilah yg dpt digunakan, tebarkan larutan ini secukupnya pada permukaan air kolam yg terkena penyakit, dosis harus disesuaikan dgn luas kolam.
3. Asam lambung. 
  • Tanda-tandanya adl akan terlihat kembung karena berisi gas/angin & cairan. Cara mengatasi/ penanggulangannya seperti penanggulangan pada penyakit radang insang.
 4. Penyakit  jamur/radang kulit. 
  • Ciri-cirinya pada kulit lele akan terlihat bercak-bercak putih, atau jika yg sudah parah kulitnya seperti terkelupas. Cara mengatasi/ penanggulangannya dpt dgn ramuan seperti pada penanggulangan pada penyakit radang insang namun agar khasiat ramuan lebih efektif, sebaiknya ikan lele yg sakit direndam dlm baskom yg telah diisi dgn ramuan tersebut. jika jumlah ikan lele yg  sakit banyak, penanggulangan penyakit lele dpt dgn cara seperti di bawah ini :
  1. Kuras air kolam 50%
  2. Siapkan tempat utk menampung ikan yg akan diobati, isi dgn ramuan daun pepaya & daun sirih (yg telah dicampur dgn air bersih 10:1)
  3. Masukan ikan lele  ke dlm tempat penampungan. Waktunya disesuaikan saja, namun jangan terlalu lama, jika ikan lele terlihat sudah megap-megap, berarti sudah cukup.
  4. Kembalikan ikan lele ke dlm kolam. Kemudian tambahkan air kolam seperti volume awal, sebaiknya gunakan air yg berkualitas baik yaitu sudah dikompos atau air yg sudah melalui proses persiapan utk air kolam.
  5. Utk membantu proses penyembuhan, boleh menebar cairan ramuan tersebut ke dlm kolam, ditambah dgn memasukan buah mengkudu yg sudah masak.

sumber http://buka-mata.blogspot.com/2012/04/cara-mengatasi-penyakit-pada-lele.html



Related Posts

Comments
0 Comments

No comments:

Passan Pala' Kesah

Awalnya blog ini dibuat hanya iseng untuk mendokumentasikan dan mengumpulkkan khazanah tanah kelahiran yang hampir terlupakan generasi muda. Berawal dari postingan permainan rakyat dan kamus mini bahasa Melayu Sambas, admin terus memperbaiki SEO dan postingan dan berupaya memenuhi apa yang diinginkan pembaca blog ini. Setelah di analisa, ternyata kebanyakan pengunjung blog ini mencari tentang sejarah kelam Sambas 1999.

Inginya blog ini difokuskan untuk sejarah, budaya dan segala sesuatu yang terkait dengan tanah kelahiran, namun pada perjalanannya admin banyak menemukan artikel menarik dan sengaja direpost disini untuk arsip pribadi. Sungguh sangat tidak disangka ternyata banyak juga pembaca punya ketertarikan yang sama dengan fenomena akhir zaman yang semakin nyata. Untuk saat ini admin akan fokus pada artikel tentang Dajjal dan Imam Mahdi yang dipastikan sebentar lagi akan tiba. Apabila pembaca menemukan artikel yang menarik haraplah berikan hujatan, celaan atau komentarnya...^_^

Jika ada yang tertarik untuk menjadi penulis di blog ini, atau tukar link sesama blogger, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi admin

Hariyono Al Kifri