19 April 2011

Fungsi Pusar / Pusat bagi manusia

Pusar atau pusat terletak di bagian perut dan merupakan saluran penghubung antara plasenta dengan ibu yang mengandung kita sewaktu kita masih didalam perut ibu saat hamil. Tetapi ketika kita sudah tumbuh besar dan lahir sebagai manusia apakah fungsi dari pusar ini ?

Terlepas dari fungsinya Pusar/pusat memiliki daya tarik tersendiri, bayangkan bila perut kamu nggak ada pusarnya pasti aneh kan? Cewek yang nampak pusarnya juga menjadi kelihatan seksi hehe… Selain itu dalam proses operasi atau bedah, pusar menjadi patokan untuk menentukan bagian tengah tubuh kita… karena pusar letaknya ada ditengah2 tubuh, jadi bisa tahu posisi serat otot tubuh kita saat mau dibelah..

Sebenarnya saya dari dulu mencari tahu apa sih fungsi pusar ini, maklum penyakit saya ditandai dengan pusar yang sakit dan nyeri.. tetai browsing di Om Google sedikit sekali informasi mengenai pusar ini. Pusar secara metabolisme memang tidak memiliki peran langsung didalam tubuh kita, tetapi pusar menjadi salah satu sumber energi didalam tubuh kita.


Pusar berfungsi sebagai elemen api didalam tubuh, atau pengatur energi panas didalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa anda harus menjaga pusar anda tetap hangat jika berkendara jauh dengan motor. Pusar yang dingin juga akan menyebabkan anda mudah masuk angin, kembung, mudah lelah, dan mempengaruhi vitalitas alias kejantanan.

Pusar kita adalah pengatur elemen api didalam tubuh kita, mengatur pergerakan hormon dan panas tubuh..mengatur kelenjar pankreas dan adrenal, mengatur organ hati, lambung, dan kantong empedu. Pusar juga merupakan titik tumpu kekuatan tubuh kita, seperti halnya ketika anda mengangkat beban berat… maka tentu tanpa disadari anda akan mengencangkan otot perut bukan? Kontraksi otot perut ini juga berkaitan dengan pusar.

Bagian bawah pusar atau perut merupakan unsur air atau dingin didalam tubuh, ia mengatur fungsi ginjal, air didalam tubuh, dan hormon. Jika pusar lemah maka panas didalam tubuh akan kalah dengan unsur air sehingga ini tidak baik bagi tubuh kita, akibatnya daya tahan tubuh akan melemah dan kita akan mudah terkena panas dalam. Pusar yang lemah juga akan membuat darah menjadi dingin sehingga mudah membeku, maka jagalah pusar anda.

Pusar juga merupakan sumber kekuatan unsur keberanian kita, orang yang memiliki pusar yang kuat tentu ia seorang yang pemberani… anda pernah merasa takut saat naik motor atau mobil yang melaju kencang? Atau merasa takut saat naik Roller Coaster? Yang anda rasakan adalah perut anda sakit melilit dan mencengkeram kuat bukan? Atau anda mengalami stress tertentu terhadap suatu keadaan karena takut, misal stress sebelum naik ke panggung atau pentas, stress melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan, dan keadaan lainnya.. anda akan merasa sakit perut dan ingin buang air berkali-kali. Itu karena pusar anda memberikan respon atas ketakutan anda sehingga membuat sakit perut.

Orang yang penakut akan berisiko terkena maag atau gangguan hormon, karena pusarnya menjadi lemah. Atau sebaliknya orang yang pusarnya lemah dan terkena maag cenderung menjadi penakut. Pusar juga mengatur perasaan aman, gembira, puas dan percaya diri.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pusar memiliki fungsi secara tidak langsung meskipun secara metabolisme ia tidak diketahui cara kerjanya. Dan perlu anda ketahui bahwa pusar kita kulitnya sangat tipis dan memiliki hubungan langsung dengan organ dalam dengan luar tubuh, bila bolong maka kuman dan virus akan mudah masuk kedalam tubuh anda.

Pusar adalah salah satu cakra didalam tubuh kita, jadi.. jaga pusar anda, jangan ditindik, jangan di bersihkan, jangan digaruk-garuk dan selalu tutup bila anda berpergian jauh.



Related Posts

Comments
2 Comments

2 comments:

Hermin Vraja said...

Btw napa gak bole dibersihkan,? kenapa...?,? kenapa...?

BUNK YOEN said...

MUNGKIN KARENA "pusar kita kulitnya sangat tipis dan memiliki hubungan langsung dengan organ dalam dengan luar tubuh, bila bolong maka kuman dan virus akan mudah masuk kedalam tubuh anda".