18 April 2011

Lelucon Sambas : "Laskar Inggris Vs Penjaje Ikan Pare' Salai"

ge’ mare’ jaman inggris na’ nguase’ nagri sambas, datanglah pasukan inggris pakai kapal ampat buah, semue  kapal pannoh leh laskar inggris. pas waktu iye, ade urang kampong kame bekayuh ngabbut sinolo’an dangan kapal inggris, siage’ age’an ngabbut, ma’lum rupe nye kawan to’ bejaje ikan pare’ salai, na’ dijajekan ke urang inggris. barang tade perawunye siage’ age’an laju, ballom sampai ke lanting, perawunye dilanggar leh kapal inggris. die tikajjut urang inggris pun tikajjut.

laka’ iye datang lah panglime laskar inggris ye, ngerebeh. lalu panglime iye marah: “he, you orang mau jadi extremist he, apa mau you, I gantung and kaki diatas and kepala dibawah, he…….”

merase ade jimat kabbal, urang tade pun marah: “bayya’ bayya’ tuan, tuan to’ be nang melanggar perawu saye, tang alu tuan ude’ nang ngerepek, minta kallar ke ape….ha. poko’nye minta ganti rugi, perawu saye sampai tibelungking ye”

“what? ganti rugi? ha ha ha” merah merah muke panglime tade’ titawa. “bullshit, itu kan only kayu and kayu, I punya kapal dari kayu, and you punya perahu also dari kayu, kenapa I harus ganti rugi, ha ha ha”

“oooooooo, gayye be iiiiiiiiii” kate orang tade’ merah mukenye, bebulu atinye dangar olo’an panglime tadi. lalu diterapa’nye panglime tadi diraggangnye, lalu diambe’nye barang dalam kocekannye, lalu betanya dangan panglime tadi “tuan tau ape to’ ee?” “that’s pari punya kulit” jawab panglime. laka’ iye di hontoskannye kulit pare tadi ke jandul panglime nang langar ye siage’ agean kuat, sampai ngrauk panglime ye baru dilappaskannye.

“tembak itu orang” panglime merentahkan anak buahnye. “sabar dolo tuan, tuan ndak parlu marah, suruh latakan beroneng anak buah tuan ye, tade tuan ngomong kayu dengan kayu daan ape ape, sekarang kulit dengan kulit, berarti ndak ape ape lah”

panglime tade’ ndak rabbah bunyi mati kutu,  macam tikus basa’ kesupanan.


dikutip dari : 
http://www.facebook.com/home.php?sk=group_137868872928779&view=doc&id=169851449730521


Related Posts

Comments
0 Comments

No comments:

Passan Pala' Kesah

Awalnya blog ini dibuat hanya iseng untuk mendokumentasikan dan mengumpulkkan khazanah tanah kelahiran yang hampir terlupakan generasi muda. Berawal dari postingan permainan rakyat dan kamus mini bahasa Melayu Sambas, admin terus memperbaiki SEO dan postingan dan berupaya memenuhi apa yang diinginkan pembaca blog ini. Setelah di analisa, ternyata kebanyakan pengunjung blog ini mencari tentang sejarah kelam Sambas 1999.

Inginya blog ini difokuskan untuk sejarah, budaya dan segala sesuatu yang terkait dengan tanah kelahiran, namun pada perjalanannya admin banyak menemukan artikel menarik dan sengaja direpost disini untuk arsip pribadi. Sungguh sangat tidak disangka ternyata banyak juga pembaca punya ketertarikan yang sama dengan fenomena akhir zaman yang semakin nyata. Untuk saat ini admin akan fokus pada artikel tentang Dajjal dan Imam Mahdi yang dipastikan sebentar lagi akan tiba. Apabila pembaca menemukan artikel yang menarik haraplah berikan hujatan, celaan atau komentarnya...^_^

Jika ada yang tertarik untuk menjadi penulis di blog ini, atau tukar link sesama blogger, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi admin

Hariyono Al Kifri